Jumat, 29 Mei 2015

Prinsip Kerja Dari Sebuah Sound System

Prinsip Kerja Dari Sebuah Sound System
Prinsip kerja dari sebuah Sound system adalah memperkuat suara dengan mengubah energi getar yang diterima dari unit input menjadi energi listrik. Energi getar diubah menjadi energi listrik oleh microphone. Energi listrik yang masuk dikombinasikan dengan sumber suara lainya oleh mixer sebelum dikuatkan. Kemudian penguatan energi listrik ditingkatkan melalui amplifier, yang selanjutnya energi listrik dikonversi kembali menjadi energi getar oleh unit output/speaker.

Contoh sound system yang praktis, digunakan pada saat diskusi diruang kuliah. Sistem pada Gambar dirancang untuk memperkuat suara dari tiga microphone. Secara konseptual sistem dapat dianalisis  memiliki empat bagian penting yaitu input divice, pemproses, penguat, dan output. konsep sistem dapat disederhanakan lagi menjadi input transduser, pemrosesan sinyal, dan output transduser:
  • Input.transduser
    Terdiri dari tiga mikrofon yang mengubah suara panelis menjadi sinyal audio yang dihubungkan ke bagian peralatan pemproses sinyal melalui kabel.
  • Signal.Processing
    Setelah ketiga mikrofon terhubung ke masing-masing input pada  mixer console,  maka mixer  console menerima signal listrik tersebut melalui masing-masing kanalnya (satu mikropon satu kanal), kemudian mencampur dan menyeimbangkan satu tingkat sinyal outputnya dan selanjutnya mengirimkan signal listrik tersebut melalui kabel ke power amplifier. Power amplifier akan memperkuat signal listrik yang diterima dan mengalirkan melalui kabel menuju ke loudspeaker.
  • Output.transduser
    Terdiri dari loudspeaker yang mengubah signal listrik yang telah dikuatkan oleh amplifier sebelumnya kembali menjadi suara yang lebih keras.


Berikut blok diagram contoh model praktis dari sebuah sound system  sederhana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar